Senin, 20 Juli 2009

dampak tehnologi bagi kehidupan manusia

DAMPAK TEKNOLOGI TERHADAP KEHIDUPAN MANUSIA

A. Latar Belakang
Kita ketahui bahwa sebenarnya sejak dulu teknologi sudah ada atau manusia sudah menggunakan teknologi. Seseorang menggunakan teknologi karena manusia berakal. Dengan akalnya ia ingin keluar dari masalah, ingin hidup lebih baik, lebih aman dan sebagainya. Perkembangan teknologi terjadi karena seseorang menggunakan akalnya dan akalnya untuk menyelesaikan setiap masalah yang dihadapinya.
Pada satu sisi, perkembangan dunia IPTEK yang demikian mengagumkan itu memang telah membawa manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik yang cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis, Demikian juga ditemukannya formulasi-formulasi baru kapasitas komputer, seolah sudah mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktifitas manusia. Ringkas kata kemajuan IPTEK yang telah kita capai sekarang benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia. Sumbangan IPTEK terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapat dipungkiri. Namun manusia tidak bisa pula menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa IPTEK mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia.
Kalaupun teknologi mampu mengungkap semua tabir rahasia alam dan kehidupan, tidak berarti teknologi sinonim dengan kebenaran. Sebab iptek hanya mampu menampilkan kenyataan . Kebenaran yang manusiawi haruslah lebih dari sekedar kenyataan obyektif. Kebenaran harus mencakup pula unsur keadilan. Tentu saja iptek tidak mengenal moral kemanusiaan, oleh karena iptek tidak pernah bisa menjadi standar kebenaran ataupun solusi dari masalah-masalah manusia.

B. Rumusan masalah
Berpijak dari latar belakang di atas, maka yang menjadi rumusan masalah pada penulisan makalah ini adalah : Apakah dampak dari teknologi terhadap kehidupan manusia?
BAB II
URAIAN
Menurut Iskandar Alisyahbana (1980) Teknologi telah dikenal manusia sejak jutaan tahun yang lalu karena dorongan untuk hidup yang lebih nyaman, lebih makmur dan lebih sejahtera. Jadi sejak awal peradaban sebenarnya telah ada teknologi, meskipun istilah “teknologi belum digunakan. Istilah “teknologi” berasal dari “techne “ atau cara dan “logos” atau pengetahuan. Jadi secara harfiah teknologi dapat diartikan pengetahuan tentang cara. Pengertian teknologi sendiri menurutnya adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindra dan otak manusia.
Sedangkan menurut Jaques Ellul (1967: 1967 xxv) memberi arti teknologi sebagai” keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia”
Pengertian teknologi secara umum adalah:
• proses yang meningkatkan nilai tambah
• produk yang digunakan dan dihasilkan untuk memudahkan dan meningkatkan kinerja
• Struktur atau sistem di mana proses dan produk itu dikembamngkan dan digunakan
Sedangkan dampak adalah suatu akibat yang ditimbulkan oleh sesuatu . Jadi dampak teknologi adalah akibat yang ditimbulkan oleh suatu teknologi, bisa akibat baik bisa juga akibat buruk dalam kehidupan manusia.
Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuanm ilmu pengetahuan.
Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini.
Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif. Karena itu pada makalah ini kami membuat dampak-dampak positif dan negatif dari kemajuan teknologi dalam kehidupan manusia

BAB III
PEMBAHASAN
Perkembangan dunia iptek yang demikian pesatnya telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis. Sistem kerja robotis telah mengalihfungsikan tenaga otot manusia dengan pembesaran dan percepatan yang menakjubkan. Begitupun dengan telah ditemukannya formulasi-formulasi baru aneka kapasitas komputer, seolah sudah mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktivitas manusia. Ringkas kata, kemajuan iptek yang telah kita capai sekarang benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia.
Bagi masyarakat sekarang, iptek sudah merupakan suatu religion. Pengembangan iptek dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Sementara orang bahkan memuja iptek sebagai liberator yang akan membebaskan mereka dari kungkungan kefanaan dunia. Iptek diyakini akan memberi umat manusia kesehatan, kebahagiaan dan imortalitas. Sumbangan iptek terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapat dipungkiri. Namun manusia tidak bisa pula menipu diri akan kenyataan bahwa iptek mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia. Dalam peradaban modern yang muda, terlalu sering manusia terhenyak oleh disilusi dari dampak negatif iptek terhadap kehidupan umat manusia.
Kalaupun iptek mampu mengungkap semua tabir rahasia alam dan kehidupan, tidak berarti iptek sinonim dengan kebenaran. Sebab iptek hanya mampu menampilkan kenyataan. Kebenaran yang manusiawi haruslah lebih dari sekedar kenyataan obyektif. Kebenaran harus mencakup pula unsur keadilan. Tentu saja iptek tidak mengenal moral kemanusiaan, oleh karena itu iptek tidak pernah bisa mejadi standar kebenaran ataupun solusi dari masalah-masalah kemanusiaan.

Dampak positif dan dampak negative dari perkembanganteknologi dilihat dari berbagai bidang:
1. Bidang Informasi dan komunikasi
Dalam bidang informasi dan komunikasi telah terjadi kemajuan yang sangat pesat. Dari kemajuan dapat kita rasakan dampak positipnya antara lain:
a. Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui internet
b. Kita dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone
c. Kita mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah. Dan lain-lain

Disamping keuntungan-keuntungan yang kita peroleh ternyata kemajuan kemajuan teknologi tersebut dimanfaatkan juga untuk hal-hal yang negatif, antara lain:
a. Pemanfaatan jasa komunikasi oleh jaringan teroris (Kompas)
b. Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalah gunakan fihak tertentu untuk tujuan tertentu
c. Kerahasiaan alat tes semakin terancam
Melalui internet kita dapat memperoleh informasi tentang tes psikologi, dan bahkan dapat memperoleh layanan tes psikologi secara langsung dari internet.
d. Kecemasan teknologi
Selain itu ada kecemasan skala kecil akibat teknologi komputer. Kerusakan komputer karena terserang virus, kehilangan berbagai file penting dalam komputer inilah beberapa contoh stres yang terjadi karena teknologi. Rusaknya modem internet karena disambar petir.
2. Bidang Ekonomi dan Industri
Dalam bidang ekonomi teknologi berkembang sangat pesat. Dari kemajuan teknologi dapat kita rasakan manfaat positifnya antara lain:
1. Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
2. Terjadinya industrialisasi
3. Produktifitas dunia industri semakin meningkat
Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi. Di masa depan, dampak perkembangan teknologi di dunia industri akan semakin penting. Tanda-tanda telah menunjukkan bahwa akan segera muncul teknologi bisnis yang memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak langsung dengan pabrik sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan selera individu dapat dipenuhi, dan yang lebih penting konsumen tidak perlu pergi ke toko.
4. Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki.
Kecenderungan perkembangan teknologi dan ekonomi, akan berdampak pada penyerapan tenaga kerja dan kualifikasi tenaga kerja yang diperlukan. Kualifikasi tenaga kerja dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan akan mengalami perubahan yang cepat. Akibatnya, pendidikan yang diperlukan adalah pendidikan yang menghasilkan tenaga kerja yang mampu mentransformasikan pengetahuan dan skill sesuai dengan tuntutan kebutuhan tenaga kerja yang berubah tersebut.
5. Di bidang kedokteran dan kemajauan ekonomi mampu menjadikan produk kedokteran menjadi komoditi
Meskipun demikian ada pula dampak negatifnya antara lain;
1. terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan
2. Sifat konsumtif sebagai akibat kompetisi yang ketat pada era globalisasi akan juga melahirkan generasi yang secara moral mengalami kemerosotan: konsumtif, boros dan memiliki jalan pintas yang bermental "instant".

3. Bidang Sosial dan Budaya
Akibat kemajuan teknologi bisa kita lihat
1. Perbedaan kepribadian pria dan wanita.
Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini semakin besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis. Bahkan perubahan perilaku ke arah perilaku yang sebelumnya merupakan pekerjaan pria semakin menonjol.
Data yang tertulis dalam buku Megatrend for Women:From Liberation to Leadership yang ditulis oleh Patricia Aburdene & John Naisbitt (1993) menunjukkan bahwa peran wanita dalam kepemimpinan semakin membesar. Semakin banyak wanita yang memasuki bidang politik, sebagai anggota parlemen, senator, gubernur, menteri, dan berbagai jabatan penting lainnya.
2. Meningkatnya rasa percaya diri
Kemajuan ekonomi di negara-negara Asia melahirkan fenomena yang menarik. Perkembangan dan kemajuan ekonomi telah meningkatkan rasa percaya diri dan ketahanan diri sebagai suatu bangsa akan semakin kokoh. Bangsa-bangsa Barat tidak lagi dapat melecehkan bangsa-bangsa Asia.
3 Tekanan, kompetisi yang tajam di pelbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi, akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras

Meskipun demikian kemajuan teknologi akan berpengaruh negatip pada aspek budaya:
1. Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar. Kemajuan kehidupan ekonomi yang terlalu menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan material, telah menyebabkan sebagian warga masyarakat menjadi "kaya dalam materi tetapi miskin dalam rohani".
2. Kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja semakin meningkat semakin lemahnya kewibawaan tradisi-tradisi yang ada di masyarakat, seperti gotong royong dan tolong-menolong telah melemahkan kekuatan-kekuatan sentripetal yang berperan penting dalam menciptakan kesatuan sosial. Akibat lanjut bisa dilihat bersama, kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja dan pelajar semakin meningkat dalam berbagai bentuknya, seperti perkelahian, corat-coret, pelanggaran lalu lintas sampai tindak kejahatan.
3. Pola interaksi antar manusia yang berubah
Kehadiran komputer pada kebanyakan rumah tangga golongan menengah ke atas telah merubah pola interaksi keluarga. Komputer yang disambungkan dengan telpon telah membuka peluang bagi siapa saja untuk berhubungan dengan dunia luar. Program internet relay chatting (IRC), internet, dan e-mail telah membuat orang asyik dengan kehidupannya sendiri. Selain itu tersedianya berbagai warung internet (warnet) telah memberi peluang kepada banyak orang yang tidak memiliki komputer dan saluran internet sendiri untuk berkomunikasi dengan orang lain melalui internet. Kini semakin banyak orang yang menghabiskan waktunya sendirian dengan komputer. Melalui program internet relay chatting (IRC) anak-anak bisa asyik mengobrol dengan teman dan orang asing kapan saja.
4. Bidang Pendidikan
Teknologi mempunyai peran yang sangat penting dalam bidang pendidikan antara lain:
1. Munculnya media massa, khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dari hal ini adalah guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.
2. Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak.
3. Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka
Dengan kemajuan teknologi proses pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa juga menggunakan jasa pos internet dan lain-lain.
Disamping itu juga muncul dampak negatif dalam proses pendidikan antara lain:
1. Kerahasiaan alat tes semakin terancam
Program tes inteligensi seperti tes Raven, Differential Aptitudes Test dapat diakses melalui compact disk.. Implikasi dari permasalahan ini adalah, tes psikologi yang ada akan mudah sekali bocor, dan pengembangan tes psikologi harus berpacu dengan kecepatan pembocoran melalui internet tersebut.
2. Penyalah gunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal.
Kita tahu bahwa kemajuan di badang pendidikan juga mencetak generasi yang berepngetahuan tinggi tetapi mempunyai moral yang rendah. Contonya dengan ilmu komputer yang tingi maka orang akan berusaha menerobos sistem perbangkan dan lain-lain.

5. Bidang politik
1. Timbulnya kelas menengah baru
Pertumbuhan teknologi dan ekonomi di kawasan ini akan mendorong munculnya kelas menengah baru. Kemampuan, keterampilan serta gaya hidup mereka sudah tidak banyak berbeda dengan kelas menengah di negara-negera Barat. Dapat diramalkan, kelas menengah baru ini akan menjadi pelopor untuk menuntut kebebasan politik dan kebebasan berpendapat yang lebih besar.
2. Proses regenerasi kepemimpinan.
Sudah barang tentu peralihan generasi kepemimpinan ini akan berdampak dalam gaya dan substansi politik yang diterapkan. Nafas kebebasan dan persamaan semakin kental.
3. Di bidang politik internasional, juga terdapat kecenderungan tumbuh berkembangnya regionalisme. Kemajuan di bidang teknologi komunikasi telah menghasilkan kesadaran regionalisme. Ditambah dengan kemajuan di bidang teknologi transportasi telah menyebabkan meningkatnya kesadaran tersebut. Kesadaran itu akan terwujud dalam bidang kerjasama ekonomi, sehingga regionalisme akan melahirkan kekuatan ekonomi baru.

BAB IV
KESIMPULAN
Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Perkembangan teknologi memang sangat diperlukan.
Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini.
Namun manusia tiudak bisa menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa teknologi mendatangkan berbagai efek negatif bagi manusia.
Oleh karena itu untuk mencegah atau mengurangi akibat negatif kemajuan teknologi, pemerintah di suatu negara harus membuat peraturan-peraturan atau melalui suatu konvensi internasional yang harus dipatuhi oleh pengguna teknologi.

DAFTAR PUSTAKA
Alisyahbana, Iskandar. 1980. Teknologi dan perkembangan. Jakarta : Yayasan Idayu
Amiruddin, Dampak Kemajuan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (IPTEK) Terhadap Kehidupan Manusia Dan Sistem Pendidikan http://www.e-dukasi.net/karyaanda/viewkarya.php?kid=16
http://lenijuwita.wordpress.com/2007/03/10/ potensi-teknologi-informasi-dan-komunikasi : Teknologi Informasi dan Komunikasi
http://www.tekkomdik-sumbar.org/problematika_sptr_guru_24.html

Dampak Positif Dan Negatif Akibat Perkembangan Teknologi Internet
Internet adalah jaringan komputer yang terhubung secara internasional dan tersebar di seluruh dunia. Jaringan ini meliputi jutaan pesawat komputer yang terhubung satu dengan yang lainnya dengan memanfaatkan jaringan telepon (baik kabel maupun gelombang elektromagnetik).Jaringan jutaan komputer ini memungkinkan berbagai aplikasi dilaksanakan antar komputer dalam jaringan internet dengan dukungan software dan hardware yang dibutuhkan. Untuk bergabung dalam jaringan ini, satu pihak ( dalam hal ini provider ) harus memiliki program aplikasi serta bank data yang menyediakan informasi dan data yang dapat di akses oleh pihak lain yang tergabung dalam internet.

Pihak yang telah tergabung dalam jaringan ini akan memiliki alamat tersendiri ( bagaikan nomor telepon ) yang dapat dihubungi melalui jaringan internet. Provider inilah yang menjadi server bagi pihak-pihak yang memiliki personal komputer ( PC ) untuk menjadi pelanggan ataupun untuk mengakses internet.

Sejalan dengan perkembangan zaman, kemajuan teknologi internet juga semakin maju. ‘Internet’ adalah jaringan komputer yang dapat menghubungkan suatu komputer atau jaringan komputer dengan jaringan komputer lain, sehingga dapat berkomunikasi atau berbagi data tanpa melihat jenis komputer itu sendiri.

Pada tahun 1999, jumlah komputer yang telah dihubungkan dengan internet di seluruh dunia mencapai lebih dari 40 juta dan jumlah ini terus bertambah setiap hari. Saat ini jumlah situs web mencapai jutaan, bahkan mungkin trilyunan, isinya memuat bermacam-macam topik. Tentu saja, situs-situs itu menjadi sumber informasi baik yang positif ataupun negatif. Informasi dikatakan positif apabila bermanfaat untuk penelitiaan. Di bawah ini akan dijelaskan dampak-dampak positif maupun negatif dari penggunaan internet.

Dampak Positif:
Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain
Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.

Dampak Negatif Pornografi
Anggapan yang mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi, memang tidak salah. Dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.Untuk mengantisipasi hal ini, para produsen ‘browser’ melengkapi program mereka dengan kemampuan untuk memilih jenis home-page yang dapat di-akses.Di internet terdapat gambar-gambar pornografi dan kekerasan yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.Violence and Gore Kekejaman dan kesadisan juga banyak ditampilkan. Karena segi bisnis dan isi pada dunia internet tidak terbatas, maka para pemilik situs menggunakan segala macam cara agar dapat ‘menjual’ situs mereka. Salah satunya dengan menampilkan hal-hal yang bersifat tabu.

Penipuan
Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Internet pun tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang Anda dapatkan pada penyedia informasi tersebut.
Carding
Karena sifatnya yang ‘real time’ (langsung), cara belanja dengan menggunakan Kartu kredit adalah carayang paling banyak digunakan dalam dunia internet. Para penjahat internet pun paling banyak melakukan kejahatan dalam bidang ini. Dengan sifat yang terbuka, para penjahat mampu mendeteksi adanya transaksi (yang menggunakan Kartu Kredit) on-line dan mencatat kode Kartu yang digunakan. Untuk selanjutnya mereka menggunakan data yang mereka dapatkan untuk kepentingan kejahatan mereka.

Perjudian
Dampak lainnya adalah meluasnya perjudian. Dengan jaringan yang tersedia, para penjudi tidak perlu pergi ke tempat khusus untuk memenuhi keinginannya. Anda hanya perlu menghindari situs seperti ini, karena umumnya situs perjudian tidak agresif dan memerlukan banyak persetujuan dari pengunjungnya.1. Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to face). 2. Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi. 3. Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet (kejahatan juga ikut berkembang)
Dampak Internet pada pergaulan mahasiswa

Sejalan dengan perkembangan zaman, kemajuan teknologi internet juga semakin maju. Internet adalah jaringan komputer yang dapat menghubungkan suatu komputer atau jaringan komputer dengan jaringan komputer lain, sehingga dapat berkomunikasi atau berbagi data tanpa melihat jenis komputer itu sendiri.

Pada tahun 1999, jumlah komputer yang telah dihubungkan dengan internet di seluruh dunia mencapai lebih dari 40 juta dan jumlah ini terus bertambah setiap hari. Saat ini jumlah situs web mencapai jutaan, bahkan mungkin trilyunan, isinya memuat bermacam-macam topik. Tentu saja, situs-situs itu menjadi sumber informasi baik yang positif ataupun negatif. Informasi dikatakan positif apabila bermanfaat untuk penelitiaan.

Quarterman dan Mitchell membagi kegunaan internet dalam empat kategori, yaitu:

1. Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
2. Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
3. Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
4. Fungsi komunitas, internet membentuk masyarakat baru yang beranggotakan para pengguna internet dari seluruh dunia. Dalam komunitas ini pengguna internet dapat berkomunikasi, mencari informasi, berbelanja, melakukan transaksi bisnis, dan sebagainya. Karena sifat internet yang mirip dengan dunia kita sehari-hari, maka internet sering disebut sebagai cyberspace atau virtual world (dunia maya).

Untuk forum ini, saya tertarik untuk mengamati mengenai fungsi internet sebagai sarana komunikasi mahasiswa di TSM. Pada tulisan di forum ini ingin mengetahui fasilitas apa, di mana, bagaimana, mengapa, kepada dan dari siapa mahasiswa tersebut menggunakan internet untuk berkomunikasi.

Pada umumnya, para pengguna internet menggunakan internet yang tersedia di warung-warung internet atau yang lebih dikenal dengan istilah warnet. Hal ini karena biayanya lebih murah dibandingkan dengan menggunakan internet pribadi. Sama halnya dengan mahasiswa TSM yang menjadi subyek pengamatan dan penelitian ini, mereka juga kebanyakan menggunakan internet di warung-warung internet (warnet/cafenet), rumah sendiri, atau di kampus.

Perlu diketahui bahwa mahasiswa belum bekerja, dan masih bergantung dari dana yang diberikan oleh orang tua mereka. Keadaan ini merupakan salah satu penyebab dimana mereka akan menggunakan komputer yang terhubung dengan internet. Pada umumnya, biaya menggunakan internet adalah sebesar tiga ribu lima ratus rupiah per jam.

Tentu saja, biaya ini relatif mahal karena mahasiswa yang masih banyak tergantung dari dana yang diberikan orang tua perhari atau per mingu atau per bulan. Maka, komunikasi para mahasiswa lewat internet menjadi terbatas oleh biaya.
Situs Web
World Wide Web yang sering disingkat www merupakan fasilitas internet yang paling banyak digunakan saat ini di samping email. Situs web adalah informasi yang dapat diakses oleh seluruh pengguna internet dari seluruh dunia dengan menggunakan program yang disebut Web Browser misalnya Netscape Navigator dan Microsoft Internet Explorer. Informasi yang ditempatkan dalam situs web itu dapat berupa tulisan, gambar, animasi, suara, dan video klip.
Sebagai sarana komunikasi mahasiswa TSM. Sistus web tersebut berguna untuk mencari data, berita, mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan baru, dan lain lain. Misalnya, melalui pengamatan banyak mahasiswa mengunjungi web situs seperti friendster, detik, satuwanita, yahoo, CNN, Kompas dan sebagainya. Selain itu, mahasiswa bisa mempunyai situs web sendiri untuk menyebarluaskan ide-ide dan pendapat mereka sendiri kepada seluruh dunia.
Walaupun ada banyak manfaat situs web, juga ada banyak masalah. Masalah yang paling besar adalah bahwa informasi yang disebarkan di internet tidak selalu benar. Hal ini terjadi karena situs web tidak harus memberikan informasi yang benar dan akurat, dan tidak ada tanggung jawab atas kebenaran informasi yang disebarluaskan. Masalah yang kedua adalah pornografi yang merupakan dampak negatif. Namun, pornografi itu tidak harus dicari dengan sengaja, bisa saja mendapatkan pornografi dengan pencarian data dan file musik mp3. Dari pengamatan yang mendalam, tiga puluh tiga persen dengan sengaja mencari pornografi di www, dan bukan hanya laki-laki tetapi juga perempuan.

Walaupun demikian, kebanyakan adalah mahasiswa yang dengan sengaja mencari pornografi. Sedangkan, yang tidak dengan sengaja mendapatkan pornografi sebanyak lima puluh sembilan persen.

Sering kali, orang ingin mengetahui dari mana asalnya pornografi itu. Biasanya, pornografi yang dicari mahasiswa adalah pornografi Barat, yaitu pornografi yang memuat tentang orang Amerika Serikat, Belanda, Perancis atau negara Barat lain. Namun, semakin lama semakin banyak pornografi Indonesia sudah tersedia melalui internet, dan kadang-kadang pornografi itu melibatkan mahasiswa Indonesia.

Baru-baru ini, di internet, ada artikel tentang dua mahasiswa Bandung yang merekam adegan intim dengan kamera video. Tidak disangka, hasil rekaman ini beredar bak VCD porno komersial. Belakangan, file image dan klip yang heboh ini mulai bergentayangan di internet.

Jadi, sisi negatif dari www adalah pornografi yang dengan mudah dilihat dan hal ini memberikan dampak yang buruk bagi generasi muda Indonesia.

Email
Tujuan mahasiswa dalam menggunakan fasilitas internet bermacam-macam. Banyak mahasiswa menggunakan internet untuk penelitian, atau mencari berita asing, tetapi yang paling populer adalah email. Email itu adalah surat menyurat secara elektronik di mana pesan yang dikirimkan akan sampai dalam waktu singkat. Pesan email tidak hanya berupa tulisan tetapi dapat disertai dengan file gambar, suara, animasi, dan lain lain. Selain itu, email dapat dikirimkan kepada ratusan orang hanya dalam satu kali pengiriman. Makanya, email ini menjadi penting untuk komunikasi dalam zaman modern ini, dan terutama bagi para mahasiswa.
Dalam pengamatan rata-rata mahasiswa yang pernah menggunakan internet mempunyai alamat email sendiri. Alamat email mahasiswa itu semuanya bebas biaya seperti yahoomail atau hotmail yang terkenal. Mereka lebih menyukai yahoomail atau hotmail karena iklan-iklan situs web itu berhasil mempengaruhi mereka dan provider email itu sangat terkenal tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia.

Tentu saja, email yang diterima tetapi tidak diharapkan bukan hanya SPAM. Virus komputer juga sering diterima lewat email, dan topiknya juga tidak jelas. Sayangnya, belum ada cara untuk menghentikan SPAM dan virus komputer tersebut. Banyak perusahaan email gratis mempunyai SPAM filter yang menghentikan penerimaan SPAM tetapi filter ini biasanya tidak efektif. Mungkin di masa depan seseorang akan membuat fiter yang efektif tetapi saat ini SPAM dan virus tetap menjadi masalah besar. Namun demikian, manfaat email masih melebihi dampak negatifnya. Bagi mahasiswa TSM, email masih merupakan sarana komunikasi yang tercepat dan tercanggih untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga. Email sudah menjadi pengganti yang baik dari surat biasa (atau dalam bahasa internet, snail mail) karena email tersebut diterima pada saat dan waktu yang sama dan tidak bisa dibaca oleh orang lain.

Chatting
Internet Relay Chat atau IRC atau sering disebut dengan chat atau chatting adalah forum diskusi online para pengguna internet dengan menggunakan tulisan sebagai alat untuk berdiskusi. IRC ini menyediakan suatu cara untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang-orang di seluruh dunia, dan tentu saja, antara mahasiswa. IRC terdiri dari bermacam-macam jaringan server IRC (mesin-mesin untuk menghubungkan pemakai dengan IRC). Para pengguna memiliki suatu program (yang disebut client) untuk menghubungkan mereka dengan suatu server dari salah satu jaringan IRC tersebut. Server-server ini yang akan mengirimkan informasi dari satu server dan ke server yang lain dalam jaringan yang sama. Saat ini terdapat ribuan grup chatting dalam berbagai bahasa dan topik.

Dari pengamatan hampir seluruhnya mahasiswa yang sering menggunakan internet juga pernah chatting. Program yang sering digunakan untuk chatting ini adalah mIRC atau Yahoo Messenger.

Didalam chatting ini tidak jarang dari mereka melanjutkan hubungannya dari sekedar ngobrol di internet menjadi sebuah pertemuan langsung atau disebut kopdar (Kopi Darat). Bahkan ada juga yang akhirnya menjalin hubungan kekasih setelah mereka sering mengobrol di internet dan kemudian saling bertemu. (stietrisakti)

Internet Untuk Pendidikan
Internet berawal dari institusi pendidikan dan penelitian di Amerika Serikat. Penggunaan Internet untuk kepentingan bisnis baru dilakukan semenjak tahun 1995, belum genap enam (6) tahun yang lalu. Di luar negeri, Internet ini sering diasosiasikan dengan perguruan tinggi, sementara di Indonesia, Internet lebih diasosiasikan dengan bisnis (ISP, e-commerce) dan entertainment.

Makalah ini berusahan untuk menjabarkan manfaat atau fungsi Internet bagi pendidikan, khususnya di pendidikan Indonesia.

MANFAAT INTERNET BAGI PENDIDIKAN
Agak janggal bagi penulis untuk menuliskan manfaat Internet bagi pendidikan. Namun, untuk memperjelas maka akan penulis ulas secara singkat manfaat Internet bagi pendidikan.

Akses ke sumber informasi. Sebelum adanya Internet, masalah utama yang dihadapi oleh pendidikan (di seluruh dunia) adalah akses kepada sumber informasi. Perpustakaan yang konvensional merupakan sumber informasi yang sayangnya tidak murah. Buku-buku dan journal harus dibeli dengan harga mahal. Pengelolaan yang baik juga tidak mudah. Sehingga akibatnya banyak tempat di berbagai lokasi di dunia (termasuk di dunia Barat) yang tidak memiliki perpustakaan yang lengkap. Adanya Internet memungkinkan mengakses kepada sumber informasi yang mulai tersedia banyak. Dengan kata lain, masalah akses semestinya bukan menjadi masalah lagi.
Internet dapat dianggap sebagai sumber informasi yang sangat besar. Bidang apa pun yang anda minati, pasti ada informasi di Internet. Contoh-contoh sumber informasi yang tersedia secara online antara lain
1.Library
2.Online jourline
3. Online courses. MIT mulai membuka semua materi kuliahnya di Internet.

Di Indonesia, masalah kelangkaan sumber informasi konvensional (perpustakaan) lebih berat dibanding dengan tempat lain. Adanya Internet merupakan salah satu solusi pamungkas untuk mengatasi masalah ini.
Akses ke pakar. Internet menghilangkan batas ruang dan waktu sehingga memungkinan seorang siswa berkomunikasi dengan pakar di tempat lain. Seorang siswa di Makassar dapat berkonsultasi dengan dosen di Bandung atau bahkan di Palo Alto, Amerika Serikat.
Media kerjasama. Kolaborasi atau kerjasama antara pihak-pihak yang terlibat dalam bidang pendidikan dapat terjadi dengan lebih mudah, efisien, dan lebih murah.

Permasalahan Internet Untuk Pendidikan
Penjabaran di atas tentunya membawa kita pada pertanyaan mengapa kita belum banyak menggunakan Internet untuk keperluan pendidikan di Indonesia. Ada beberapa alasan, dimana sebagian akan diungkapkan pada bagian-bagian di bawah ini.

Kurangnya penguasaan bahasa Inggris. Suka atau tidak suka, sebagian besar informasi di Internet tersedia dalam bahasa Inggris. Penguasaan bahasa Inggris menjadi salah satu keunggulan (advantage).

Kurangnya sumber informasi dalam bahasa Indonesia. Kita sadari bahwa tidak semua orang Indonesia akan belajar bahasa Inggris. Untuk itu sumber informasi dalam bahasa Indonesia harus tersedia. Saat ini belum banyak sumber informasi pendidikan yang tersedia dalam bahasa Indonesia. Konsep berbagi (sharring), misalnya dengan membuat materi-materi pendidikan di Internet, belum merasuk. Inisiatif langka seperti ini sudah ada namun masih kurang banyak. Contohnya:

4. Untukmu Indonesia
Akses Internet masih mahal. Meskipun sudah tersedia, akses ke Internet masih mahal. Namun hal ini diharapkan akan menjadi lebih murah di masa yang akan datang. Diharapkan akselerasi penurunan harga menjadi fokus utama dari Pemerintah. Mekanisme lain adalah adanya subsidi dari pemerintah untuk institusi pendidikan.

Akses Internet masih susah diperoleh. Beberapa daerah di Indonesia masih belum memiliki jalur telepon yang dapat digunakan untuk mengakses Internet.

Guru belum siap. Guru di Indonesia masih belum siap untuk menggunakan Internet sebagai bagian dari pengajarannya. Padahal guru merupakan salah satu pengguna yang dapat memanfaatkan Internet sebaik-baiknya. Salah satu contohnya adalah mencari soal-soal latihan untuk kelasnya. Jika setiap guru di Indonesia membuat dua (2) soal dan menyimpannya di Internet, maka akan ada ribuan bahkan bisa jutaan soal yang dapat digunakan untuk latihan di kelas.
NTERNET SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN / HENDRA PURWANA
Dalam waktu yang relatif singkat semenjak internet pertama kali terbuka penggunaannya untuk pemakaian umum pada tahun 1986, jaringan komunikasi ini telah merembah dengan kecepatan luar biasa ke seluruh pelosok dunia tak terkecuali Indonesia.
Zaman sekarang siapa yang tidak tahu internet? Bagi orang awam mereka selalu bertanya-tanya apakah internet itu. Internet adalah kumpulan komputer antara satu wilayah dengan wilayah yang lainnya yang terkait dan saling berkomunikasi, di mana keterkaitan itu di atur oleh protocol. Dengan kata lain internet adalah media komunikasi yang menggunakan sambungan seperti layaknya telepon, yang kemudian tentunya dihubungkan dengan telepon dan modem. Namun, prinsip internet sangat berbeda jauh dengan telepon yang yang komunikasinya harus dengan oral dan simultan, pada internet komunikasi umumnya cukup dengan tertulis tanpa memerlukan waktu yang sama dengan kata lain si pengirim dan si penerima berita tersebut boleh dalam waktu yang berbeda.
Keberadaan internet mengubah wajah komunikasi dunia yang sejak lama didominasi oleh perangkat digital non-komputer, seperti telepon, telegram, fax, menjadi alat komunikasi yang global. Dengan kehadiran internet kita dapat berkomunikasi di berbagai belahan dunia – bahkan planet – tanpa dibatasi ruang dan waktu.
Bila di rumah Anda belum terpasang internet, Anda tidak perlu berkecil hati. Kini telah banyak wartel, warung telekomunikasi, yang tidak hanya menyediakan jasa fasilitas telepon saja, tapi juga menyediakan jasa internet. Kita bisa menggunakan (baca:sewa) selama kita mau dan mampu. Tentunya cukup membayar biaya sewanya dengan harga sewa tersebut yang cukup terjangkau dengan tarif rata-rata adalah Rp.5.000,-/jam. Lebih jauh tentang warnet, sekarang jasa internet sudah dikemas dengan lebih apik, nyaman, dan menyenangkan. Di Jakarta penulis pernah menjumpainya di daerah Blok M Plaza (lantai IV dan lantai V) yaitu SmashNet dan X-Trac adalah dua tempat gaul internet yang bisa dikunjungi oleh semua orang (kebanyakan pada umumnya remaja). Di CitraLand dan Roxy Mas juga terdapat fasilitas semacam ini, hari Sabtu tempat ini penuh akan antrean remaja yang hobi akan teknologi dan menjelajahi dunia maya – surfing. Masih satu lagi di Mall Taman Anggrek sebuah tempat bernama NetCafe yang mengemas dan meramu pojok internetnya lebih bernuansa café.
Namun, salah satu tantangan yang cukup besar di dunia internet adalah masalah penggunaan bahasa Inggris. Memang sih, bahasa Inggris kita masih “pas-pasan” tetapi hal ini dapat kita jadikan suatu pelajaran, ini merupakan suatu sarana agar kita dapat melatih dan mempraktikan bahasa inggris kita.
Interactive School Magazine
Majalah sekolah merupakan media yang sangat bermanfaat bagi para siswa sebagai sarana untuk belajar mengekspresikan diri, menuangkan ide atau gagasan dalam bentuk tulis-menulis, bahkan sebagai media komunikasi dengan lingkungan di sekelilingnya. Lebih lanjut manfaat lain bagi sekolah yang bersangkutan adalah untuk menjalin hubungan dengan para alumninya yang diharapkan dapat memberikan masukan atau kritikan kepada sistem pendidikan sekolahnya agar lebih baik pada masa-masa mendatang.
Asking Place
Di media Internet ini banyak sekali tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi bahkan dirancang untuk memberikan kepuasan rasa ingin tahu bagi siswa, anak yang melakukan akses. Secara sederhana, dengan menggunakan mesin pencari (search engine) dalam internet apapun yang kita inginkan dapat ditemukan, misalnya melalui yahoo.com; altavista.com; lycos. com; bimasakti.com; google.com dan lain sebagainya.
Salah satu situs yang memberikan informasi menarik bagi para siswa, guru dan orang tua adalah homepage The Global Schoolhouse. Berbagai topik telah disiapkan dalam server tersebut untuk dipilih oleh para siswa orang tua maupun guru yang tertarik lebih jauh lagi. Selain itu, sekali lagi kemampuan berbahasa Inggris merupakan modal utamanya, sebab sebagian besar informasi yang ada di sini menggunakan bahasa Inggris. Bahkan, situs ini juga link (berhubungan) dengan toko buku yang dapat melakukan jual-beli melalui internet tersebut.
Satu lagi situs yang dapat penulis temukan adalah Ask ERIC (askeric.org) yang menyediakan akses internet ke pusat informasi pendidikan atau ERIC (Education Resources Information Center). Ask ERIC mencakup tiga sumber informasi utama. Database ERIC sendiri berisi abstrak lebih dari 950.000 jurnal dan membahas tentang penelitian dan teknik pendidikan. Ask ERIC Virtual Library menyediakan akses ke perencanaan belajar, panduan menonton televisi, dan arsip daftar layanan yang berkaitan dengan pendidikan. Terakhir Ask ERIC Q&A Service berjanji akan menjawab pertanyaan dengan topik pendidikan, dalam dua hari kerja. Artinya pelayanan yang diberikan oleh Ask ERIC adalah mencoba untuk memberikan kecepatan dalam memenuhi kepuasan para pengunjungnya.
Video Teleconference
Sebuah teknologi yang lebih menggembirakan dan menambah semangat kita semua untuk bergabung dengan internet, pada bagian ini penulis akan sedikit membahas tentang aktivitas video conference di internet yang dilakukan oleh murid-murid sekolah di negara-negara maju. Jadi, kalau komputer kita sudah tersambung dengan internet, maka sebenarnya telah 95% perlengkapan yang kita butuhkan untuk melakukan video conference telah siap. Sebagian besar perangkat lunak (software) yang dibutuhkan dapat diperoleh di internet dengan istilah men-download dari berbagai sponsor yang ada. Tinggal membutuhkan satu lagi alat dengan apa yang biasa disebut sebagai camera. Ada cukup banyak jenis kamera digital yang dapat dipergunakan untuk keperluan ini, salah satunya yang paling murah adalah Connetix QuickCam, yang dapat diperoleh dengan harga yang terjangkau. Dengan kata lain, sebenarnya untuk melakukan videoconference peralatan yang dibutuhkan tidak terlalu mahal.
Para peminat videoconference di sekolah-sekolah saat ini banyak tergabung pada kelompok diskusi e-mail yang berpusat Global School Network (GSN) dengan tempat berdiskusi yang beralamat di cu-seeme-schools@gsn.org. Keberadaan teknologi ini, memungkinkan bagi siswa di seluruh dunia untuk saling berkenalan satu dengan lainnya. Dengan demikian diharapkan kita akan melihat bangsa-bangsa di dunia akan saling mengenal akan alam dan budayanya satu sama lain, serta menjadikan seluruh bangsa di dunia ini akan dapat hidup dalam kedamaian.
Demikian sekilas tentang manfaat Internet bagi anak-anak, sekolah, dan keluarga. Mudah-mudahan tulisan ini dapat memberikan semacam motivasi dan menambah semangat bagi kita semua, minimal dalam menggunakan Internet dalam proses pendidikan untuk lingkungan keluarga.
Penutup
Internet merupakan salah satu produk teknologi yang dapat membantu kita meningkatkan taraf hidup melalui pendidikan. Meskipun masih banyak tantangan, kita masih dapat memanfaatkan Internet sebesar mungkin.

soal teklab dan jawabannya

Isilah titik dibawah ini dengan tepat dan benar………….
1. Pengadministrasian pada dasarnya dapat dilakukan oleh….sekolah.
Jawab :D
2. …..adalah program untuk mencatat alat dan bahan dengan menggunakan bantuan computer.
Jawab : A
3. logam yang dapat dibuat baja tahan karat, yang dalam bahasa inggris disebut….
Jawab : F
4. Jangan menghubungkan …. Langsung diantara terminal-terminal sumber tegangan sebab memiliki tegangan sangat kecil.
Jawab : B
5. ……digunakan untuk menunjukkan keberadaan arus yang sangat lemah atau kecil, bukan untuk mengukur kuat arus.
jawab : J
6. Mengadakan gerak suatu benda ( peluncur-silinder ) hamper tanpa gesekan disebut….
Jawab : C
7. …. Maksudnya medan yang tidak mudah dilaut, bertebing, ada sungai yang cukup besar, ada semak dan belukar yang ditimbuhi tumbuhan berduri, kemungkinan ada hewan berbisa.
Jawab : E
8. ……ialah zat-zat yang diketahui dapat menimbulkan kanker atau tumor.
Jawab : H
9. zat-zat yang menghasilkan zat korosit air, misalnya…
Jawab : I
10. …….zat yang dapat menyebabkan orang menjadi sakit, bahkan kematian, jika masuk kedalam tubuh.
Jawab : G



















SOAL PG
1. Untuk menghindari kecelakaan pada laboratorium dapat dilakukan dengan…
A. Disiplin
B. Waspada
C. Mentaati aturan laboratorium
D. Tidak menghiraukan petunjuk / cara kerja praktikum.
2. Berikut ini adalah cara yang salah dalam memindahkan pipa gelas panjang dari satu tempat ketempat lain, kecuali…….
A. Horizontal
B. Vertical
C. Mirining kanan
D. Miring kiri
3. Ukuran zat yang mudah terbakar yang di bawa dalam ruang laboratorium adalah …
A. 600 ml
B. 700 ml
C. 800 ml
D. Tidak lebih dari 500 ml

4. Berikut ini adalah aturan-aturan yang harus di taati dalam ruangan laboratorium , kecuali…
A. jas laboratorium longgar dan berlengan panjang.
B. Menggunakan penutup hidung dan mulut ketika menggerus zat kimia
C. Tidak membawa makanan di dalam laboratorium.
D. Tidak menggunakan sepatu hak tinggi.

5. Cara yang tepat untuk menghilangkan bahan kimia yang terkena kulit adalah….
A. di garuk
B. di gossok
C. cuci dengan air sebanyak mungkin
D. dilap dengan tissue

6. Sinar yang sifatnya dapat mengionkan ialah….
A. Sinar laser
B. Sinar UV
C. Sinar laser dan sinar UV
D. Gelombang electromagnet yang panjang gelombangnya lebih panjang panjang dari X.

7. Untuk menghindari cedera mata akibat UV dapat menggunakan ….
A. Masker
B. Cadar
C. Filter cahaya UV
D. Penutup kepala

8. Laser yang digunakan untuk keperluan di laboratorium sekolah mempunyai ukuran…
A. 10-4W/cm2
B. 10-6 W/cm2
C. 10-2 W/cm2
D. 102 W/cm2
9. Hal-hal yang harus diperhatikan oleh siswa dalam menggunakan sinar laser adalah…..kecuali…
A. tidak mengarahkan sinar laser ke orang lain
B. tidak mengarahkan sinar laser kewajah
C. Mengarahkan pada posisi dekat mata dan wajah
D. Tidak memantulkannya pada cermin

Jawab :
1. D
2. B
3. D
4. A
5. C
6. C
7. C
8. C
9. C

Prterydophyta dan bryophyta

PLANTAE (TUMBUHAN)

Memahami manfaat Keanekaragaman Hayati
Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam dunia Tumbuhan dan perannya bagi kelangsungan hidup di bumi

A. Ciri – Ciri Umum
Dunia Tumbuhan adalah dunia yang beranggotakan organisme yang memiliki akar, batang dan daun sejati yang tersusun dari sel yang bersifat eukariotik. Cara hidupnya fotoautotrof karena memiliki pigme hijau daun yang terdapat di dalam organel sel yang disebut kloroplas. Ciri khas tumbuhan yang membedakannya dengan sel hewan adalah dimilikinya dinding sel yang mengandung selulosa sehingga selnya bersifat kaku. Kingdom ini dibagi menjadi 3 kelompok yaitu : Bryophyta (lumut), Pteridophyta (paku) dan Spermatophyta (tumbuhan berbiji)
B. Klasifikasi
1. Bryophyta (lumut)
Ciri umum
a. Tumbuhan peralihan dari talus ke kormus, multiseluler
b. Susunan anatomi
Akar : berupa rizoid untuk melekat pada tempat tumbuh serta menyerap air dan zat hara
Batang : tidak mempunyai pembuluh baik xilem maupun floem
Daun : daun belum terdiferensiasi, tidak bertulang daun dan mengandung kloroplas
c. Cara reproduksi : ada pergiliran keturunan (metagenesis), yang teratur antara fase generatif (gametofit/ tumbuhan lumut) dan fase vegetatif (sporogonium)
Tabel 2. Perbedaan antara Fase Gametofit dan Sporofit
No
Generasi Gametofit
Generasi Sporofit
1.
Fase haploid (n)
Fase diploid (2n)
2.
Terdiri dari struktur hijau, organ kelamin dan gamet
Terdiri dari spora yang membentuk tubuh multiseluler yang terbentuk dari zigot
3.
Hidup bebas
Hidup tergantung pada gametofit
4.
Merupakan fase dominan dalam daur hidup lumut
Merupakan fase yang pendek dalam daur hidup lumut







Klasifikasi Tumbuhan Lumut
Dibagi menjadi 3 kelas :
a. Lumut Hati (Hepaticopsida)
Bentuk berupa lembaran seperti hati, hidup menempel di atas permukaan tanah yang lembab atau terapung di atas air.
Reproduksi vegetatif : membentuk kuncup (gemma)
Reproduksi generatif : membentuk anteridium (penghasil sperma) dan arkegonium
Contoh :
- Riccia sp, Marchantia sp
b. Lumut Tanduk (Anthoceropsida)
Pada mulanya dimasukkan dalam lumut hati karena berupa lembaran hijau, pipih dan dorsiventral tetapi dibedakan karena sporofitnya terdiri dari kaki dan kapsul yang menyerupai tanduk dan mengandung kloroplas. Di dalam sporofit sudah terdapat jaringan steril yang disebut kolumela.
Contoh :
- Anthoceros laevis, Notothylas indica
c. Lumut Daun / Sejati (Bryopsida)
Merupakan kelas yang paling maju karena sudah dapat dibedakan antara batang dan daun meski belum memiliki akar selain rizoid.
Contoh :
Sphagnum sp, Polytrichum commune, dll

Manfaat tumbuhan lumut
1. Sebagai obat, misalnya Marchantia sp
2. sebagai pengganti kapas, misalnya : Sphagnum sp

2. Pterydophyta
Ciri umum :
a. merupakan tumbuhan kormofita karena sudah berupa akar, batang dan daun yang sesunguhnya
b. susunan anatomi :
akar :berakar serabut dilindungi oleh kaliptra. Sel-sel akar sudah berdiferensiasi menjadi 1) kulit luar (epidermis), 2) kulit dalam (korteks), 3) silinder pusat yang terdiri dari xilem dan floem yang konsentris.
Batang : sudah memiliki jaringan pengangkut yang konsentris
Daun :
- menurut bentuknya : 1) Daun mikrofil (daun kecil) ; 2) Daun makrofil (daun besar)
- menurut fungsinya : 1) tropofil (untuk fotosintesis) ; 2) sporofil (penghasil spora)
c. cara reproduksi
adanya metagenesis antara generatif dan vegetatif. Perkembangbiakan vegetatif dengan spora haploid (n) yang dihasilkan tumbuhan paku. Pembentukan spora dalam sporangium terjadi melalui pembelahan meiosis. Perkembangbiakan generatif terjadi melalui peleburan spermatozoid dan ovum yang dihasilkan oleh protalium.
Menurut spora yang dihasilkan, tumbuhan paku digolongkan atas 3 golongan :
1. Paku homospor, menghasilkan satu jenis spora contoh paku kawat (Lycopodium)
2. Paku heterospor, menghasilkan dua macam spora yaitu mikrospora dan makrospora contoh : semanggi (Marsilea crenata), paku rane (Selaginella)
3. paku peralihan antara homospor dan heterospor, menghasilkan spora yang bentuk dan ukurannya sama, tapi sebagian jantan dan sebagian betina. Contoh : Paku ekor kuda (Equisetum)

Klasifikasi tumbuhan Paku :
Dibagi menjadi 4 kelas yaitu :
1. Kelas Equisetinae, cirinya memiliki rhizoma, contoh : Equisetum debile
2. Kelas Psilophytinae, cirinya akar berupa rizoid, contoh : Psilotum nudum
3. Kelas Lycopodinae, cirinya batangnya seperti kawat yang dikelilingi daun , contoh Lycopodium sp
4. Kelas Filicinae, cirinya berbatang dan berdaun dengan ciri-ciri yang jelas, contoh Adiantum cuneatum
Manfaat Tumbuhan Paku :
1. Sebagai tanaman hias misalnya suplir (Adiantum sp),
2. Sebagai sayuran, misal semanggi (Marsilea crenata)
3. sebagai obat-obatan, paku kawat
4. sebagai pupuk hijau, Azolla pinnata
Metagenesis pada paku :

3. Spermatophyta
Takson ini meliputi semua tumbuhan yang menghasilkan biji. Menurut Cronquist (1981), dibagi menjadi divisi Pinophyta (Gymnospermae) dan Magnoliophyta (Angiospermae)
A. Divisi Pinophyta (Gymnospermae/ tumbuhan biji telanjang)
Dibagi ke dalam 4 ordo :
- Cycadales contoh Pakis haji
- Ginkgoales contoh Ginkgo
- Coniferales contoh pinus
- Gnetales contoh belinjo

B. Magnoliophyta (Angiospermae/tumbuhan biji tertutup)
Dibagi menjadi dua kelas :
- Magnoliopsida (dikotiledon)
- Liliopsida (monokotiledon)

manfaat biologi bagi kehidupan manusia

MANFAAT BIOLOGI BAGI MANUSIA DAN LINGKUNGAN 1
Biologi memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia baik untuk menyediakan barang dan jasa maupun memperbaiki kondisi lingkungan untuk tempat hidup manusia. Mengapa mempelajari biologi? Pada dasarnya, mempelajari biologi membantu kita untuk mengerti tentang perilaku dan diri kita sendiri. Manfaat biologi antara lain dikelompokkan sebagai berikut.
a. Bidang Industri Berbasis Biologi
1. Produk alkohol, kecap,roti,tape,yogurt,yakult dan nata decoco yang menggunakan teknologi fermentasi oleh mikroorganisme seperti jamur Saccharomyces cereviceae, Aspergillus wentii,Lactobacillus sp. dan Acetobacter xylinum.
2. Produksi vaksin dan obat. Vaksin adalah bibit penyakit yang dilemahkan dan dimasukkan ke dalam tubuh untuk mendapatkan antibodi. Obat adalah senyawa kimia yang dapat diperoleh dari tumbuhan atau hewan maupun mikroorganisme yang diolah untuk menyembuhkan penyakit.
3. Produk makanan prebiotik dan probiotik yang berupa serat-serat tumbuhan dan meikroorganisme di dalam tubuh sehingga tubuh tetap sehat.
4. Produk bibit pertanian dan peternakanyang merupakan hasil,seleksi, hibridisasi, mutasi, kultur jaringan,maupun rekayasa genetika yang dapat memberi hasil yang lebih optimal.
b. Bidang Profesi Manusia
1. Dokter umum,spesialis dan paramedis merupakan profesi yang didasarkan penguasaan ilmu biologi.
2. Ahli giji yang bekerja di rumah sakit maupun industri bahan makanan dengan berbekal ilmu dasar biokimia.
3. Petani, peternak, petambak ikan, bandeng, udang, kepiting maupun mutiara, juga berbekal ilmu biologi.
4. Petugas penyuluhan pertanian dan pegawai KSDA.
c. Perbaikan dan Pelestarian Lingkungan
1. Kegiatan penghijauan, pertanian, perlindungan alam, dan konservasi sumber daya alam.
2. Proses pengolahan limbah dengan lumpur aktif.
3. Penataan lingkungan perumahan dan perkantoran agar tidak menimbulkan pencemaran dan bencana banjir dengan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan(AMDAL).

roti fera dan annelida

Rotifera



Klasifikasi :
Kingdom : Animalia
Subkingdom : Eumetazoa
Superfhylum : Platyzoa
Fhylum : Rotifera
Clas: Monogononta, digononta, seisonidea

Ciri-ciri :
• Ukuran panjang ,1-0,5 mm
• Berbulu mata tufts sekitar mulut
• Gerakannya menyerupai roda
• Beberapa rotifera bebas berenang dan benar-benar plankton
• Hidup dalam tabung atau seperti agar-agar holdfasts yang dilampirkan kesubstrat
• Sekitae 25 spesies yang kolonial, misalnya Sinantherina semibunata





















Annelida



Klasifikasi :

Kingdom : Animalia
Phylum : Annelida
Class : Olygochaeta
Ordo : Haplotaxida
Famili : Lumbricidae
Genus : Lumbricus
Spesies : Lumbricus terrestris

Ciri-ciri
• Hidup ditanah yang lembab
• Makanan daun-daun, sisa-sisa tumbuhan atau hewan yang ada pada tanah
• Bentuk tubuh silindris dan panjang
• Tubuhnya beruas-ruas
• Tubuhnya terbungkus oleh kutikula
• Pada ujung anterior terdapat tonjolan yang disebur prostomium, setelah prostomium terdapat mulut
• Ada ruas-ruas yang membesar disebut clitellum (digunakan waktu perkawinan)
• Mulutnya berbentuk sabit, letaknya dibelakang ventral dari postomium
• Lerak anus pada ruas terakhir
• Reproduksi bersifat hermaprodit
• Tidak mempunyai rambut
• Tidak pumya kaki

5 kelas protozoa

SUBKINGDOM PROTOZOA
FILUM PROTOZOA

Berdasarkan struktur dan alat gerak, Protozoa dibagi kedalam 5 klas, yaitu :

Klas 1. Mastigophora (Flagellata)

Antorior (bagian atas)←
→Postorior (bagian bawah)
Gambar 1. Euglena viridis
Klasifikasi
\
Ciri-ciri :
 Euglena hidup di air tawar
 Gerak dengan menggunakan flagel (bulu cambuk)
 Bentuk sel memanjang, lancip dibagian posterior, dan tumpul pada anterior.
 Lapisan luar memadat dan mujudnya agak encer disebut endoplasma.
 Permukaan tubuh dilapisi kutikula tipis
 Di dekat sitosom terdapat stigma (titik mata)
 Inti bentuknya oval
 Berwarna hijau karna mengandung klorofil
 Reproduksi terjadi pembelahan biner longitudinal (memanjang)















Klas 2. Sarcodina (Rhizopoda)
Ordo Lobosa

Gambar 2. Amoeba proteus
Klasifikasi :
Amoeba proteus Scientific classification
Domain: Eukaryota

Kingdom: Amoebozoa

Phylum: Tubulinea

Order: Tubulinida
Family: Amoebidae

Genus: Amoeba

Species: A. proteus
Nma Binomial Amoeba proteus
Ciri-ciri :
 Bergerak dengan kaki semu (pseudopodia)yang merupakan penjuluran protoplasma sel.
 Hidup di air tawar, air laut, tempat-tempat basah, dan sebagian ada yang hidup dalam tubuh hewan atau manusia.Jenis yang paling mudah diamati adalah Amoeba.
 Ektoamoeba adalah jenis Amoeba yang hidup di luar tubuh organisme lain (hidup bebas),
contohnya Ameoba proteus, Foraminifera, Arcella, Radiolaria.
Entamoeba adalah jenis Amoeba yang hidup di dalam tubuh organisme, contohnya Entamoeba histolityca, Entamoeba coli.

Klas 3. Ciliata


Gambar 3. Paramaecium Aurelia
Klasifikasi :
Domain: Eukaryota

Kingdom: Protista

Phylum: Ciliophora

Class: Ciliatea

Order: Peniculida

Family: Parameciidae

Genus: Paramecia
Müller, 1773

Species
Paramecium aurelia
Ciri-ciri :
 Merupakan kelas terbesar dari protozoa.
 Ciliata adalah hewan yang berbulu getar.
 Silia berfungsi untuk bergerak.
 Menangkap makanan dan untuk menerima rangsangan dari lingkungan.
 Habitat banyak di tempat berair.
 Mempunyai bentuk tubuh yang tetap dan tetap, dan oval.
 Hidupnya bebas dalam air, terutama pada tanaman yang membusuk.
Beberapa contoh kelas ciliata:
• Paramecium caudatum
- nama lain hewan sandal
- Habitat di tempat berair, sawah, rawa
- Mempunyai dua macam nukleus yaitu mikronukleus untuk reproduksi dan makronukleus untuk membantu proses fisiologis yang lain
- Mempunyai dua macam vakuola yaitu vakuola makanan berfungsi untuk membantu mencerna makanan dan vakuola kontraktil berfungsi untuk mengeluarkan sisa makanan cair
- Berkembangbiak dengan dua cara yaitu vegetatif dengan cara pembelahan biner dan generatif dengan cara konjugasi
Nyctoterus ovalis (hidup diusus kecoa,

Berbentuk oval mirip Paramecium sp
• Stylonichia sp
- Banyak ditemukan pada permukaan daun terendam air
- Bentuknya seperti siput

• Balantidium coli (habitat di kolon manusia)
• Stentor sp (bentuk seperti terompet, sesil, habitat di sawah-sawah)
• Vorticella sp (bentuk seperti lonceng, sesil)
•Didinium sp (mangsa dari Paramecium sp)
Klas 4. SPOROZOA
SUBKELAS II. NEOSPORIDA
Ordo Gregarinida




Gambar 4. Monocystis

Klasifikasi :
Plasmodium achiotense Klasifikasi ilmiah
Kingdom Animalia

Phylum Protozoa

Subphylum sporozoa
subclass telosporidia
Order gregarinida
Family monocystis
Genus Monocystis

Nama binomial Monocystis
Ciri-ciri :
 Sporozoa adalah hewan berspora,
 tidak mempunyai alat gerak, bergerak dengan mengubah kedudukan tubuhnya. Hampir semua spesies ini bersifat parasit.
 Reproduksi dengan dua cara yaitu: vegetatif (schizogojni/pembelahan diri berlangsung dalam tubuh inang dan sporogoini membuat spora yang berlangsung dalam tubuh inang perantara) dan generatif (melalui peleburan yang terjadi pada tubuh nyamuk).


Gambar 5. Daur hidup Plasmodium
Siklus :
Pada saat nyamuk Anopheles betina menggigit seseorang, saliva ikut kedalam luka. Saliva ini mengandung anti koagulan yang berfungsi mencegah koagulasi darah dihisap dan masuk ke dalam pencernaan makanan (2-3,5 menit). Parasit yang berbentuk sporozoit ikut masuk kedalam darah. Setiap sporozoit masuk ke dalam sel-sel darah merah yang bersifat seperti Amoeba dan disebit tropozoit. Dalam 50 jam tropozoit mencapai ukuran maksimum yang disebut skizon mengalami pembelahan multiple, menghasilkan 6-10 anak yang disebut merozoit, merozoit, dan menjadi oosis yang tumbuh karena menggunakan jaringan sekitarnya Anopheles betina mengandung 50-500 oosit. Setelah 7 hari terjadi sporulasi, oosit membelah diri secara sporogoni menjadi ratusan sporozoit yang berbentuk gelondong dan akan tersebar di seluruh tubuh nyamuk. Beberapa pergi ke kelenjar ludah. Disini sporozoit tinggal, dan siap dipindahkn ke tubuh korban baru.
Daur hidup Plasmodium
Penemu daur hidup Plasmodium Laveran dan Grassi, Vektornya nyamuk Anopheles betina
Mengalami 2 fase, yaitu:
a. Fase generatif, terjadi dalam tubuh nyamuk malaria
Skema : fertilisasi  zigot  ookinet  oosista  sporozoid
b. Fase vegetatif, terjadi dalam rubuh manusia ada dua tempat yaitu:
Dalam hati (disebut eksoeritrositik)
Skema : sporozoid  skizon erytozoik  merozoit eryptozoik
c. Dalam darah (eritrositik)
Skema : tropozoit  skizon muda  skizon matang  merozoit  makrogamet/mikrogamet












Klas 5. Mycetozoa


Klasifikasi
Domain: Eukaryota

Kingdom: Amoebozoa

Phylum: Mycetozoa

cacing dan kegunaannya

Cacing dan Kegunaannya



Hewan tidak bertulang belakang ini (Invertebrates) telah digunakan oleh manusia sejak dahulu kala lagi. Ia digunakan bukan sahaja untuk umpan memancing, tetapi digunakan di dalam bidang perubatan untuk menyembuhkan pelbagai penyakit dan merperbaiki suara agar lebih halus oleh nenek moyang kita dahulu. Kini, dengan wujudnya penerokaan di dalam bidang bioteknologi, haiwan ini menjadi tumpuan untuk dijadikan pelbagai produk pertanian dan perubatan yang boleh digunakan oleh manusia.

Di negara-negara luar seperti Australia, Jepun, Taiwan dan China, mereka telah meneroka jauh bidang penternakan dan penghasilan produk berasaskan cacing. Di Malaysia, industri/bidang ini masih baru dan ianya mempunyai potensi yang tinggi untuk dibangunkan.

Kegunaan Cacing:

1. Agen penyubur tanah
Cacing menembusi tanah, secara tidak lansung memberi ruang pengudaraan yang baik kepada tanah. Seterusnya hasil kotoran cacing mempunyai zat yang membantu menyuburkan tanah.

2. Memelihara dan memperbaiki struktur tanah

3. Pemusnah sampah organik
Cacing boleh menjadi pengurai yang baik kepada sampah organik. Hasil kotoran cacing akan dijadikan baja kepada tanam-tanaman.

4. Bahan makanan kepada haiwan ternakan lain
Cacing dijadikan bahan makanan kepada ikan, ayam, burung dan lain-lain dalam bentuk pallet.

5. Produk ubat-ubatan & kecantikan
Cacing kini diekstrak dan diformulakan untuk dijadikan ubat-ubatan dan barangan kosmetik.

6. Makanan kepada manusia
Di negara luar seperti Filipina, cacing dijadikan makanan di dalam beberapa jenis masakan kegemaran mereka.
Cacing Tanah, Indikator Kesuburan Tanah


Cacing tanah (Lumbricus rubellus) sering disebut “perut bumi” karena semua mikroorganisme menguntungkan ada di perut cacing tanah. Karenanya, cacing tanah berperan penting dalam mempercepat proses pelapukan bahan organik sisa. Dengan kemampuannya memakan bahan organik seberat badannya sendiri setiap 24 jam, cacing tanah mampu mengubah semua bentuk bahan organik menjadi tanah subur. Kemampuan inilah yang dimanfaatkan petani untuk memperbaiki kesuburan lahan pertaniannya.

Kisah Kecil Mengenal Cacing Tanah
Sejak kecil (tahun 1969-an) penulis sudah tertarik memperhatikan kehidupan cacing tanah sembari melakukan aktivitas harian seperti membuang sampah dan menggembala bebek. Cacing tanah hidup di sawah, tegalan, pinggiran sungai, timbunan sampah, atau di tempat pembuangan sisa-sisa makanan dari dapur. Pendeknya, di tempat yang bahan organiknya tinggi. Saat itu penulis sangat terkesan melihat bahwa di mana ada cacing tanah, di sana tanahnya subur (gembur dan berwarna gelap), tanaman tumbuh sehat, hewan pemakan cacing tanah yang hidup di sekitarnya seperti bebek, tikus, kodok, burung, dan ayam juga terlihat sehat. Bahkan persentase bertelurnya bebek waktu itu sangat tinggi.

Kondisi ini mengalami perubahan semenjak peralihan sistem pertanian dari tradisional ke konvensional. Penggunaan bahan kimia sintetis dalam pertanian sejak tahun ‘70-an memulai masa “pembantaian” cacing tanah. Penulis menyaksikan ketika pupuk urea ditebar, cacing tanah menggelepar-gelepar ke pinggir untuk menyelamatkan diri tetapi tidak sampai di pinggir sudah mati. Cacing tanah sangat sensitif terhadap bahan kimia. Sehingga cacing tanahlah yang paling awal lenyap dari dalam tanah dan selanjutnya diikuti oleh hilangnya kehidupan lain di dalam tanah.

Dampak buruk pun perlahan-lahan mulai penulis alami. Yang paling terasa kala itu adalah daya bertelur bebek menurun, terputusnya beberapa rantai makanan, rusaknya kesuburan tanah yang berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman, perubahan ekosistem, dan terakhir—yang masih terasa hingga kini—adalah menurunnya kesehatan tanaman, hewan, dan manusia.

Berburu Cacing Tanah
Pengalaman masa kecil membuat penulis memutuskan untuk mengkaji cacing tanah dalam semua aspek kehidupan di bumi, baik pada tanaman, hewan, maupun manusia. Tahun 1982 penulis mulai meneliti, cacing mana yang aktif menyuburkan tanah. Tahun 1990 diperoleh hasil: cacing tanah jenis Lumbricus rubellus yang mau hidup di pupuk kandang sapi. Pengkajian lalu difokuskan pada cacing ini dan pada tahun 1993 penulis berhasil mengembangkan pupuk dari kotoran cacing dan tanah bekas tempat cacing, yang lantas disebut pupuk organik kascing. Kualitas pupuk organik kascing tidak kalah dengan pupuk kimia. Dengan hasil ini, penulis mulai mencoba pupuk kascing pada tanaman bawang putih varietas lokal dan hasilnya sangat memuaskan.

Cacing tanah dapat hidup baik pada tingkat keasaman (pH) 6—7,2, kelembaban 12,5—17,5 persen, dan suhu 15—31oC. Cacing tanah berfungsi menyebarkan kembali zat-zat organik dalam tanah dengan cara mengonsumsi, memecahnya, dan mengeluarkannya kembali. Kebanyakan materi yang dicerna cacing tanah tidak dapat dipecahkan, dan sebagian besar dikeluarkan kembali tanpa dicerna. Bagian makanan yang tidak dapat dicerna cacing akan dikeluarkan melewati usus menuju dubur sebagai kotoran cacing yang banyak mengandung nitrogen. Beberapa mikroorganisme dari saluran pencernaan cacing keluar bersama kotoran cacing untuk meningkatkan proses penguraian di dalam tanah. Selanjutnya, mikroba akan mengubah kotoran cacing tanah menjadi humus yang kaya zat hara yang bisa diserap akar tanaman. Bakteri tanah dan mikroorganisme tanah berperanan dalam mencerna makanan cacing, dan memperoleh keuntungan dari kotoran cacing.

Aktivitas cacing tanah ini secara konstan dapat meningkatkan pH pada tanah asam. Ini karena, cacing dapat mengeluarkan kapur dalam bentuk kalsium karbonat (CaCO3) atau dolomit pada lapisan di bawah permukaan tanah. Cacing juga dapat menurunkan pH pada tanah yang berkadar garam tinggi.

Selain perbaikan sifat kimia dan biologi tanah, pemberian kascing pada tanah dapat memperbaiki kondisi fisik tanah. Cacing mampu menggali lubang di sekitar permukaan tanah sampai kedalaman dua meter dan aktivitasnya meningkatkan kadar oksigen tanah sampai 30 persen, memperbesar pori-pori tanah, memudahkan pergerakan akar tanaman, serta meningkatkan kemampuan tanah untuk menyerap dan menyimpan air. Zat-zat organik dan fraksi liat yang dihasilkan cacing bisa memperbaiki daya ikat antar partikel tanah sehingga menekan terjadinya proses pengikisan/erosi hingga 40 persen.

Lumbricus rubellus, Pabrik Pupuk Alami
Populasi cacing tanah sangat dipengaruhi oleh bahan organik, terutama pupuk kandang sapi sebagai pupuk yang mengandung unsur-unsur hara yang lebih baik dan lengkap dibandingkan pupuk kandang jenis lain (misalnya pupuk dari kotoran ayam). Pengamatan di lapangan tahun 1997 menunjukkan bahwa tidak terdapat cacing tanah pada lahan yang terus menerus diberi pupuk kandang ayam disertai penggunaan pestisida. Berdasarkan hasil penelitian, populasi cacing pada tanah dengan pupuk kandang adalah 1 juta ekor per 100 m2. Sedangkan pada tanah tanpa pupuk kandang hanya 13 ribu ekor per 100 m2 (Russel, 1950 dalam Buckman dan Brady, 1982).

Masih berdasarkan hasil penelitian, pencampuran kascing pada pupuk kandang juga meningkatkan kualitas pupuk, sehingga lebih efektif memperbaiki kesuburan kimia dan biologis tanah. Ini pada akhirnya akan meningkatkan produksi tanaman budi daya. Tabel 1 menunjukan bahwa pemberian kascing sangat meningkatkan produksi tanaman sayuran.

Hasil Penelitian Program Studi Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Universitas Udayana tahun 2006 di Sawah Subak Guama, Tabanan, juga menunjukkan perubahan beberapa sifat kimia tanah pada pemberian pertama kali pupuk kascing dibandingkan dengan pupuk NPK. Dari penelitian ini ditemukan bahwa pemberian pupuk kascing dapat meningkatkan kesuburan kimia tanah. Sebaliknya pemberian pupuk kimia (NPK) ternyata menurunkan kesuburan kimia tanah. Awalnya pH tanah adalah 6,53. Pada pemberian 100 persen NPK dan 0 persen kascing, pH tanah hanya 6,5. Sedangkan pada pemberian 100 persen kascing dan 0 persen NPK, pH tanah meningkat menjadi 6,87, kondisi yang lebih baik untuk pertanian.

Hasil penelitian ini makin membuktikan bahwa kascing mampu memastikan tersedianya tanah subur bagi tempat tumbuhnya tanaman dengan sehat dan produktif dibanding pupuk kimia. Jadi pantaslah cacing tanah disebut sebagai “pabrik pupuk alami”.

Tanah Subur Menjadikan Tanaman Sehat
Setelah menerapkan di lahan sendiri, penulis mencoba menyebarkan hasil penelitian kascing ke petani Bali. Awalnya sangat sulit meyakinkan petani tentang kebaikan pupuk organik kascing. Petani harus mencoba sendiri di lahan baru bisa yakin. Butuh waktu 3—4 tahun hingga akhirnya para petani lebih memilih pupuk organik kascing. Ini karena mereka telah membuktikan sendiri bahwa kascing mampu mengembalikan kesuburan tanah dan meningkatkan hasil panen, baik secara kualitas maupun kuantitas. Seperti yang diungkapkan Bapak Kanten (31 tahun), bahwa kascing sangat membantu perbaikan lahan sayurnya yang sudah sangat kritis karena pestisida. Petani di desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng ini telah menggunakan dan membuat pupuk kascing sendiri sejak pertengahan tahun 2006. Hasilnya, lahan seluas 5000 m2 miliknya menjadi subur dengan tingkat produksi—kualitas maupun kuantitas—yang lebih baik daripada menggunakan pupuk dan pestisida kimia. Karena penggunaan kascing pula kini tanaman di kebunnya—seperti selada, tomat, wortel, paprika dan stroberi—terasa lebih enak ketika dikonsumsi.

Sejauh ini pemanfaatan kascing untuk menyuburkan tanah telah mendapatkan hasil positif, baik dalam skala penelitian maupun pemanfaatan dan dampaknya bagi usaha tani. Pengalaman menggunakan pupuk kascing menjadi bukti bahwa tanah yang subur menjadi kunci budi daya yang produktif dan sehat. Hingga saat ini pupuk organik kascing telah disebarluaskan dan dimanfaatkan di seluruh Bali, bahkan hingga ke luar Bali. Di sinilah arti penting bahwa upaya transfer pengetahuan atau teknologi lebih berharga untuk petani daripada sekadar subsidi pupuk yang cenderung membuat petani tidak mandiri.

Pengalaman pengembangan pupuk organik kascing telah memberikan pembelajaran bahwa sistem pertanian modern yang sarat dengan bibit unggul dan bahan kimia telah menyebabkan kita melupakan penggunaan bahan organik, yang kemudian berakibat sangat fatal terhadap kesehatan semua kehidupan yang ada di muka bumi ini.

cacing dan kegunaannya

Cacing dan Kegunaannya



Hewan tidak bertulang belakang ini (Invertebrates) telah digunakan oleh manusia sejak dahulu kala lagi. Ia digunakan bukan sahaja untuk umpan memancing, tetapi digunakan di dalam bidang perubatan untuk menyembuhkan pelbagai penyakit dan merperbaiki suara agar lebih halus oleh nenek moyang kita dahulu. Kini, dengan wujudnya penerokaan di dalam bidang bioteknologi, haiwan ini menjadi tumpuan untuk dijadikan pelbagai produk pertanian dan perubatan yang boleh digunakan oleh manusia.

Di negara-negara luar seperti Australia, Jepun, Taiwan dan China, mereka telah meneroka jauh bidang penternakan dan penghasilan produk berasaskan cacing. Di Malaysia, industri/bidang ini masih baru dan ianya mempunyai potensi yang tinggi untuk dibangunkan.

Kegunaan Cacing:

1. Agen penyubur tanah
Cacing menembusi tanah, secara tidak lansung memberi ruang pengudaraan yang baik kepada tanah. Seterusnya hasil kotoran cacing mempunyai zat yang membantu menyuburkan tanah.

2. Memelihara dan memperbaiki struktur tanah

3. Pemusnah sampah organik
Cacing boleh menjadi pengurai yang baik kepada sampah organik. Hasil kotoran cacing akan dijadikan baja kepada tanam-tanaman.

4. Bahan makanan kepada haiwan ternakan lain
Cacing dijadikan bahan makanan kepada ikan, ayam, burung dan lain-lain dalam bentuk pallet.

5. Produk ubat-ubatan & kecantikan
Cacing kini diekstrak dan diformulakan untuk dijadikan ubat-ubatan dan barangan kosmetik.

6. Makanan kepada manusia
Di negara luar seperti Filipina, cacing dijadikan makanan di dalam beberapa jenis masakan kegemaran mereka.
Cacing Tanah, Indikator Kesuburan Tanah


Cacing tanah (Lumbricus rubellus) sering disebut “perut bumi” karena semua mikroorganisme menguntungkan ada di perut cacing tanah. Karenanya, cacing tanah berperan penting dalam mempercepat proses pelapukan bahan organik sisa. Dengan kemampuannya memakan bahan organik seberat badannya sendiri setiap 24 jam, cacing tanah mampu mengubah semua bentuk bahan organik menjadi tanah subur. Kemampuan inilah yang dimanfaatkan petani untuk memperbaiki kesuburan lahan pertaniannya.

Kisah Kecil Mengenal Cacing Tanah
Sejak kecil (tahun 1969-an) penulis sudah tertarik memperhatikan kehidupan cacing tanah sembari melakukan aktivitas harian seperti membuang sampah dan menggembala bebek. Cacing tanah hidup di sawah, tegalan, pinggiran sungai, timbunan sampah, atau di tempat pembuangan sisa-sisa makanan dari dapur. Pendeknya, di tempat yang bahan organiknya tinggi. Saat itu penulis sangat terkesan melihat bahwa di mana ada cacing tanah, di sana tanahnya subur (gembur dan berwarna gelap), tanaman tumbuh sehat, hewan pemakan cacing tanah yang hidup di sekitarnya seperti bebek, tikus, kodok, burung, dan ayam juga terlihat sehat. Bahkan persentase bertelurnya bebek waktu itu sangat tinggi.

Kondisi ini mengalami perubahan semenjak peralihan sistem pertanian dari tradisional ke konvensional. Penggunaan bahan kimia sintetis dalam pertanian sejak tahun ‘70-an memulai masa “pembantaian” cacing tanah. Penulis menyaksikan ketika pupuk urea ditebar, cacing tanah menggelepar-gelepar ke pinggir untuk menyelamatkan diri tetapi tidak sampai di pinggir sudah mati. Cacing tanah sangat sensitif terhadap bahan kimia. Sehingga cacing tanahlah yang paling awal lenyap dari dalam tanah dan selanjutnya diikuti oleh hilangnya kehidupan lain di dalam tanah.

Dampak buruk pun perlahan-lahan mulai penulis alami. Yang paling terasa kala itu adalah daya bertelur bebek menurun, terputusnya beberapa rantai makanan, rusaknya kesuburan tanah yang berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman, perubahan ekosistem, dan terakhir—yang masih terasa hingga kini—adalah menurunnya kesehatan tanaman, hewan, dan manusia.

Berburu Cacing Tanah
Pengalaman masa kecil membuat penulis memutuskan untuk mengkaji cacing tanah dalam semua aspek kehidupan di bumi, baik pada tanaman, hewan, maupun manusia. Tahun 1982 penulis mulai meneliti, cacing mana yang aktif menyuburkan tanah. Tahun 1990 diperoleh hasil: cacing tanah jenis Lumbricus rubellus yang mau hidup di pupuk kandang sapi. Pengkajian lalu difokuskan pada cacing ini dan pada tahun 1993 penulis berhasil mengembangkan pupuk dari kotoran cacing dan tanah bekas tempat cacing, yang lantas disebut pupuk organik kascing. Kualitas pupuk organik kascing tidak kalah dengan pupuk kimia. Dengan hasil ini, penulis mulai mencoba pupuk kascing pada tanaman bawang putih varietas lokal dan hasilnya sangat memuaskan.

Cacing tanah dapat hidup baik pada tingkat keasaman (pH) 6—7,2, kelembaban 12,5—17,5 persen, dan suhu 15—31oC. Cacing tanah berfungsi menyebarkan kembali zat-zat organik dalam tanah dengan cara mengonsumsi, memecahnya, dan mengeluarkannya kembali. Kebanyakan materi yang dicerna cacing tanah tidak dapat dipecahkan, dan sebagian besar dikeluarkan kembali tanpa dicerna. Bagian makanan yang tidak dapat dicerna cacing akan dikeluarkan melewati usus menuju dubur sebagai kotoran cacing yang banyak mengandung nitrogen. Beberapa mikroorganisme dari saluran pencernaan cacing keluar bersama kotoran cacing untuk meningkatkan proses penguraian di dalam tanah. Selanjutnya, mikroba akan mengubah kotoran cacing tanah menjadi humus yang kaya zat hara yang bisa diserap akar tanaman. Bakteri tanah dan mikroorganisme tanah berperanan dalam mencerna makanan cacing, dan memperoleh keuntungan dari kotoran cacing.

Aktivitas cacing tanah ini secara konstan dapat meningkatkan pH pada tanah asam. Ini karena, cacing dapat mengeluarkan kapur dalam bentuk kalsium karbonat (CaCO3) atau dolomit pada lapisan di bawah permukaan tanah. Cacing juga dapat menurunkan pH pada tanah yang berkadar garam tinggi.

Selain perbaikan sifat kimia dan biologi tanah, pemberian kascing pada tanah dapat memperbaiki kondisi fisik tanah. Cacing mampu menggali lubang di sekitar permukaan tanah sampai kedalaman dua meter dan aktivitasnya meningkatkan kadar oksigen tanah sampai 30 persen, memperbesar pori-pori tanah, memudahkan pergerakan akar tanaman, serta meningkatkan kemampuan tanah untuk menyerap dan menyimpan air. Zat-zat organik dan fraksi liat yang dihasilkan cacing bisa memperbaiki daya ikat antar partikel tanah sehingga menekan terjadinya proses pengikisan/erosi hingga 40 persen.

Lumbricus rubellus, Pabrik Pupuk Alami
Populasi cacing tanah sangat dipengaruhi oleh bahan organik, terutama pupuk kandang sapi sebagai pupuk yang mengandung unsur-unsur hara yang lebih baik dan lengkap dibandingkan pupuk kandang jenis lain (misalnya pupuk dari kotoran ayam). Pengamatan di lapangan tahun 1997 menunjukkan bahwa tidak terdapat cacing tanah pada lahan yang terus menerus diberi pupuk kandang ayam disertai penggunaan pestisida. Berdasarkan hasil penelitian, populasi cacing pada tanah dengan pupuk kandang adalah 1 juta ekor per 100 m2. Sedangkan pada tanah tanpa pupuk kandang hanya 13 ribu ekor per 100 m2 (Russel, 1950 dalam Buckman dan Brady, 1982).

Masih berdasarkan hasil penelitian, pencampuran kascing pada pupuk kandang juga meningkatkan kualitas pupuk, sehingga lebih efektif memperbaiki kesuburan kimia dan biologis tanah. Ini pada akhirnya akan meningkatkan produksi tanaman budi daya. Tabel 1 menunjukan bahwa pemberian kascing sangat meningkatkan produksi tanaman sayuran.

Hasil Penelitian Program Studi Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Universitas Udayana tahun 2006 di Sawah Subak Guama, Tabanan, juga menunjukkan perubahan beberapa sifat kimia tanah pada pemberian pertama kali pupuk kascing dibandingkan dengan pupuk NPK. Dari penelitian ini ditemukan bahwa pemberian pupuk kascing dapat meningkatkan kesuburan kimia tanah. Sebaliknya pemberian pupuk kimia (NPK) ternyata menurunkan kesuburan kimia tanah. Awalnya pH tanah adalah 6,53. Pada pemberian 100 persen NPK dan 0 persen kascing, pH tanah hanya 6,5. Sedangkan pada pemberian 100 persen kascing dan 0 persen NPK, pH tanah meningkat menjadi 6,87, kondisi yang lebih baik untuk pertanian.

Hasil penelitian ini makin membuktikan bahwa kascing mampu memastikan tersedianya tanah subur bagi tempat tumbuhnya tanaman dengan sehat dan produktif dibanding pupuk kimia. Jadi pantaslah cacing tanah disebut sebagai “pabrik pupuk alami”.

Tanah Subur Menjadikan Tanaman Sehat
Setelah menerapkan di lahan sendiri, penulis mencoba menyebarkan hasil penelitian kascing ke petani Bali. Awalnya sangat sulit meyakinkan petani tentang kebaikan pupuk organik kascing. Petani harus mencoba sendiri di lahan baru bisa yakin. Butuh waktu 3—4 tahun hingga akhirnya para petani lebih memilih pupuk organik kascing. Ini karena mereka telah membuktikan sendiri bahwa kascing mampu mengembalikan kesuburan tanah dan meningkatkan hasil panen, baik secara kualitas maupun kuantitas. Seperti yang diungkapkan Bapak Kanten (31 tahun), bahwa kascing sangat membantu perbaikan lahan sayurnya yang sudah sangat kritis karena pestisida. Petani di desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng ini telah menggunakan dan membuat pupuk kascing sendiri sejak pertengahan tahun 2006. Hasilnya, lahan seluas 5000 m2 miliknya menjadi subur dengan tingkat produksi—kualitas maupun kuantitas—yang lebih baik daripada menggunakan pupuk dan pestisida kimia. Karena penggunaan kascing pula kini tanaman di kebunnya—seperti selada, tomat, wortel, paprika dan stroberi—terasa lebih enak ketika dikonsumsi.

Sejauh ini pemanfaatan kascing untuk menyuburkan tanah telah mendapatkan hasil positif, baik dalam skala penelitian maupun pemanfaatan dan dampaknya bagi usaha tani. Pengalaman menggunakan pupuk kascing menjadi bukti bahwa tanah yang subur menjadi kunci budi daya yang produktif dan sehat. Hingga saat ini pupuk organik kascing telah disebarluaskan dan dimanfaatkan di seluruh Bali, bahkan hingga ke luar Bali. Di sinilah arti penting bahwa upaya transfer pengetahuan atau teknologi lebih berharga untuk petani daripada sekadar subsidi pupuk yang cenderung membuat petani tidak mandiri.

Pengalaman pengembangan pupuk organik kascing telah memberikan pembelajaran bahwa sistem pertanian modern yang sarat dengan bibit unggul dan bahan kimia telah menyebabkan kita melupakan penggunaan bahan organik, yang kemudian berakibat sangat fatal terhadap kesehatan semua kehidupan yang ada di muka bumi ini.

stek

STEK

Perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif, dengan dipotong batangnya, lalu ditanamkan ditanah. Perlahan akan tumbuh akar pada bekas potongan, dan berbentuk tanaman baru. Dengan cara ini polyploidy tanaman memiliki keunggulan dari pada ploid, karena tidak subur dikemabangkan lewat penyerbukan, dengan vegetatuf tanaman baru dapat dikembangkan.

Manfaat dari stek adalah :
• Menghasilakan sama dengan induknya
• Masa tanaman pertumbuhan cepat
• Memperbauku sifat tanaman itu sehungga varuetasbya lebuh unggul.



















Alat :
• Sekop
• Pusau
• Pot bunga
• 5 Polyback

Bahan :
• Pupuk kompos 2 kg organic fertilizer dengan komposisi :
Ntotal 1,80 %
P2O3 1,49 %
K2O 2,52%
CaO 1,32%
MgO 0,30%
• Tanaman bunga
• Tanah
• Air

Cara kerja :
• Sediakan media yang akan ditanam






• Potong 5 batang tanaman bunga masing-masing 20 cm dengan menggunakan pisau

• Lalu siapkan media tanam, pupuk kompos dan tanah perbandingan 2:1, aduk rata

• Siapkan 5 polyback, isi masing-masing polyback dengan tanah dan pupuk kompos tadi.
• Masukkan batang tanaman, lalu padatkan tanah

• Siram dengan air
• Simpan didaerah yang teduh
• Siram sehari 2 kali, pagi dan sore hari

• Batang setelah berumur 2 bulan



Gentiaella amarella

Klasifikasi
Kingdom : Animalia
Family : Gentianaceae
Genus : Gentiella
Spesies : Gentiella amarella

Habitat : tumbuh ditempat yang panas

Ciri-ciri dan karakteristik :
• Bunga yang berbentuk sepertu terompet
• Warna bunga ungu
• Termasuk bunga majemuk terbatas
• Daun melanset, tumbuh selang-seling
• Tepi saun bergerigi
• Ujung daun runcing
• Umur tumbuhan 2 bulan